Muatan Pelajaran : Matematika
Kompetensi Dasar : 3.10 Menjelaskan hubungan antargaris (sejajar, berpotongan, berhimpitan)
menggunakan
model konkret.
I.
Berilah tanda silang (x) huruf a, b, c, atau d pada
jawaban yang benar!
1.
Di
bawah ini merupakan gambar pasangan garis saling sejajar. Ditunjukkan oleh ….
a.
m b.
k c. a d. m
l
l
n
b
2.
Pehatikan
garis berikut ini!
m
A B C
Yang
bukan merupakan nama dari garis di atas adalah ….
a.
Garis
AB b. Garis BC c.
Garis CM d.
Garis M
3.
Gambar
pasangan garis yang saling berpotongan adalah …
a.
m b. k c. a
d. m
l
l
n
b
4.
Dua
garis yang bersilangan ditunjukkan pada ….
a.
Jarum
jam yang menunjukkan pukul 12.00 c.
jalan layang
b.
Dua
bolpoin yang ujungnya disatukan d.
sudut pada pinggiran buku
5.
Dua
garis yang tidak akan pernah memiliki titik pertemuan disebut ….
a.
Dua
garis berpotongan b. dua garis
sejajar c. dua garis bersilangan d. dua garis berimpitan
II.
Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!
6.
Dua
garis yang memiliki satu titik temu atau satu titik persekutuan dikatakan ….
7.
Sebuah
garis terdiri atas titik-titik yang berjumlah ….
8.
Jarak
antara titik-titik pada dua buah garis yang saling berhadapan selalu sama.
Garis yang dimaksud adalah ….
9.
Garis
yang arahnya mendatar/ lurus dinamakan garis ….
10.
Perhatikan
anak panah pada gambar di bawah ini!
l
m
anak
panah pada garis di atas dapat diperpanjang ke daerah ….
III.
Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan benar!
11.
Berapa
banyak hubungan antargaris yang kamu ketahui? Sebutkan!
Gambarlah tiga garis yang berpotongan!
0 komentar:
Posting Komentar