Kriteria
Peserta Pelaksana Asesmen Nasional
Pada topik sebelumnya, telah dibahas tentang perbedaan AN dan UN. Kali ini, kita akan mengidentifikasi dimana letak perbedaanya. Apakah
perbedaannya ada di dalam teknis penyelenggaraan atau dalam pelaksanaannya?
Mari, kita mencermati dan menyimak infografis ini.
Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh satuan pendidikan
tingkat dasar dan menengah di Indonesia, serta program kesetaraan yang dikelola
oleh PKBM. Di tiap satuan pendidikan, Asesmen Nasional akan diikuti oleh
sebagian peserta didik kelas V, VIII, dan XI yang dipilih secara acak oleh
Pemerintah. Untuk program kesetaraan, Asesmen Nasional akan diikuti oleh
seluruh peserta didik yang berada pada tahap akhir tingkat 2, tingkat 4 dan
tingkat 6 program kesetaraan.
Mengapa Asesmen Nasional hanya diikuti oleh sebagian
siswa?
Hal ini terkait dengan tujuan dan fungsi Asesmen Nasional.
Asesmen Nasional tidak digunakan untuk menentukan kelulusan menilai prestasi
siswa sebagai seorang individu. Evaluasi hasil belajar setiap individu siswa
menjadi kewenangan pendidik. Pemerintah melalui Asesmen Nasional melakukan
evaluasi sistem. Asesmen Nasional merupakan cara untuk memotret dan memetakan
mutu sekolah dan sistem pendidikan secara keseluruhan. Karena itu, tidak semua
siswa perlu menjadi peserta dalam Asesmen Nasional. Yang diperlukan adalah
informasi dari sampel yang mewakili populasi siswa di setiap sekolah pada
jenjang kelas yang menjadi target dari Asesmen Nasional.
Mengapa yang menjadi sampel adalah siswa kelas V, VIII dan
XI?
Hasil Asesmen Nasional diharapkan menjadi dasar dilakukannya
perbaikan pembelajaran. Pemilihan jenjang kelas V, VIII dan XI dimaksudkan agar
siswa yang menjadi peserta Asesmen Nasional dapat merasakan perbaikan
pembelajaran ketika mereka masih berada di sekolah tersebut. Selain itu,
Asesmen Nasional juga digunakan untuk memotret dampak dari proses pembelajaran
di setiap satuan pendidikan. Murid kelas V,VIII, dan XI telah mengalami proses
pembelajaran di sekolahnya, sehingga sekolah dapat dikatakan telah
berkontribusi pada hasil belajar yang diukur dalam Asesmen Nasional.
Perlu diketahui, selain peserta didik, Asesmen Nasional juga
akan diikuti oleh semua guru dan kepala sekolah di setiap satuan pendidikan.
Informasi dari peserta didik, guru, dan kepala sekolah diharapkan memberi
informasi yang lengkap tentang kualitas proses dan hasil belajar di setiap
satuan pendidikan. Sementara Asesmen Kompetensi Minimum untuk pendidikan
kesetaraan berfungsi sebagai ujian kesetaraan.
Merumuskan
Butir Soal Asesmen Nasional
Pada aktivitas sebelumnya, Anda sudah mempelajari bagaimana
teknis pelaksanaan Asesmen Nasional. Pada aktivitas ini, Anda akan
mempelajari secara khusus, bagaimana butir-butir soal yang akan diberikan dalam
Asesmen Nasional, khususnya Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). AKM merupakan
bagian dari Asesmen Nasional yang mencakup asesmen kompetensi mendasar, yaitu
literasi membaca dan asesmen kompetensi numerasi.
Bentuk soal Asesmen Nasional AKM, terdiri dari pilihan
ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian.
- Pilihan
ganda, siswa hanya dapat memilih satu jawaban benar dalam satu soal.
- Pilihan
ganda kompleks, siswa dapat memilih lebih dari satu jawaban benar dalam
satu
- Menjodohkan,
siswa menjawab dengan dengan cara menarik garis dari satu titik ke titik
lainnya yang merupakan pasangan pertanyaan dengan jawabannya.
- Isian
singkat, siswa dapat menjawab berupa bilangan, kata untuk menyebutkan nama
benda, tempat, atau jawaban pasti lainnya.
- Uraian,
siswa menjawab soal berupa kalimat-kalimat untuk menjelaskan jawabannya.
Murid kelas V akan mengerjakan 30 butir soal untuk mengukur
kompetensi literasi membaca dan 30 butir soal untuk mengukur kompetensi
numerasi. Sedangkan siswa kelas VIII dan XI akan mengerjakan 36 butir soal
untuk mengukur kompetensi literasi membaca dan 36 butir soal untuk mengukur
kompetensi numerasi.
AKM dilaksanakan secara adaptif, sehingga setiap siswa akan
menempuh soal yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa itu sendiri. AKM
mengukur kompetensi mendasar yang perlu dipelajari semua siswa tanpa membedakan
peminatannya. Oleh karena itu seluruh siswa akan mendapat soal yang mengukur
kompetensi yang sama. Keunikan konteks beragam materi kurikulum lintas mata pelajaran
dan peminatan tercermin dalam ragam stimulus soal-soal AKM.
AKM disusun berdasarkan indikator-indikator kompetensi yang
membentuk lintasan kompetensi hasil belajar yang bersifat kontinum. Pusat
Asesmen dan Pembelajaran Kemdikbud menyediakan contoh soal AKM pada
laman: https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/akm
Kuis
Teknis Pelaksanaan Asesmen Nasional
1. Bentuk soal AN adalah pilihan ganda, pilihan ganda kompleks,
isian singkat, uraian dan menjodohkan.
Salah
2. Bentuk soal dalam Asesmen
Kompetensi Minimum merupakan bentuk soal yang tidak dapat diselesaikan dengan
mengandalkan hafalan.
·
Benar
·
Salah
3. Pelaksanaan Asesmen Nasional
terdiri dari tes literasi dan tes numerasi.
·
Benar
·
Salah
4. AKM dilaksanakan secara adaptif
artinya siswa bebas memilih topik dan tingkat kesulitan soal.
·
Benar
·
Salah
5. Kepala sekolah dan guru juga
akan mengikuti Asesmen Nasional.
·
Benar
·
Salah
6. Asesmen Nasional tidak
dilakukan pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini
·
Benar
·
Salah
7. Asesmen Nasional tidak
digunakan untuk menentukan kelulusan menilai prestasi siswa sebagai seorang
individu.
·
Benar
·
Salah
8. Asesmen Kompetensi Minimum
diberikan pada siswa ditengah jenjang pendidikan bukan di akhir. Dengan
demikian siswa masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki capaian
kompetensinya.
·
Benar
·
Salah
9. Keunikan konteks beragam materi
kurikulum lintas mata pelajaran dan peminatan tercermin dalam ragam stimulus
soal-soal AKM.
·
Benar
·
Salah
10. Asesmen Kompetensi Minimum
disusun berdasarkan indikator-indikator kompetensi yang membentuk lintasan
kompetensi.
·
Benar
·
Salah
Refleksi
Topik 2: Teknis Pelaksanaan AN
SOAL
Menurut Anda, apa informasi penting yang Anda peroleh
setelah mempelajari materi pada topik pelaksanaan Asesmen Nasional? Silakan
tulis refleksi Anda pada kolom yang tersedia.
JAWABAN
Informasi penting yang saya peroleh setelah mempelajari
materi pada topik pelaksanaan Asesmen Nasional adalah sebagai berikut.
- Kriterian peserta AN
- Bentuk soal Asesmen Nasional AKM, terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian.
0 komentar:
Posting Komentar