Senin, 30 November 2020

PhET: Simulasi untuk Pembelajaran Matematika Materi Pecahan di Sekolah Dasar

PhET merupakan situs penyedia simulasi pembelajaran yang gratis di download untuk pembelajaran di kelas serta dapat digunakan untuk belajar siswa secara mandiri. PhET ini merupakan software pembelajaran dari Universitas Colorado di Boulder Amerika (University of Colorado at Boulder). PhET berbasis laboratorium maya (virtual lab) yang sangat mudah digunakan. Simulasi ini ditulis dalam Java dan Flash dan dapat dijalankan dengan menggunakan web browser baku selama plug-in Flash dan Java sudah terpasang.

Simulasi-simulasi interaktif PhET merupakan gambar bergerak (animasi), interaktif, dan dibuat seperti permainan, di mana siswa dapat belajar dengan melakukan eksplorasi. Simulasi-simulasi tersebut menekankan korespondensi antara fenomena nyata dan simulasi komputer, kemudian disajikan dalam model-model konseptual fisis yang mudah dimengerti siswa.

Simulasi yang disediakan PhET sangat interaktif bagi siswa karena dapat mengajak siswa sekolah dasar untuk mengeksplorasi secara langsung. Misalnya pada pembelajaran Matematika di sekolah dasar pada materi pecahan. Di sini disajikan pembelajaran Matematika materi pecahan yang menarik dan menyenangkan bagi anak, sehingga pembelajaran ini dapat bermakna dan anak akan mudah memahaminya. Selain dijalankan online, simulasi interaktif PhET juga dapat digunakan secara offline di kelas atau di rumah.  Simulasi ini dapat diunduh secara gratis dan tidak mudah terserang virus dan hang, serta memiliki file lebih kecil.

Manfaat-manfaat yang dapat diperoleh selama pembelajaran menggunakan simulasi PhET ini antara lain:

  • Salah satu referensi pendekatan yang melibatkan keterlibatan dan interaksi dengan siswa.
  • Pembelajaran dapat memberikan feedback yang dinamis.
  • Dapat melatih siswa untuk berpikir konstruktivisme, siswa dapat menggabungkan pengetahuan awal dengan temuan-temuan virtual dari simulasi yang dijalankan.
  • Pembelajaran lebih menarik karena siswa dapat belajar sekaligus bermain.
  • memvisualisasikan konsep-konsep dalam bentuk model simulasi.

Berikut ini disajikan simulasi pembelajaran Matematika materi pecahan yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Klik link berikut ini untuk mengunduhnya.


Akses http://phet.colorado.edu untuk mengetahui berbagai simulasi menarik lainnya.

Maulidiya Rahma Prastiti

Sahabat Rumah Belajar Jawa Timur 2020

0 komentar:

Posting Komentar