Saat ini pandemi Covid-19 sedang mewabah di Indonesia. Hal ini menyebabkan pembelajaran dengan anak didik tidak bisa dilaksanakan di sekolah sebagaimana mestinya. Sebelum pandemi Covid-19, kita dapat belajar dengan ceria di kelas. Berdiskusi, melakukan demonstrasi dan percobaan, presentasi, dan melakukan pembelajaran yang menyenangkan lainnya di kelas. Tetapi, saat ini pemerintah menganjurkan guru bekerja dari rumah, dan siswa belajar di rumah.
Bagaimana seorang guru menyikapi hal tersebut? Tentunya kita memiliki banyak cara agar anak didik kita tetap belajar di rumah secara aktif, menyenangkan, dan bermakna, walaupun dilakukan di rumah. Karena tidak bisa bertatap muka secara langsung dengan siswa saya, maka saya memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi selama pembelajaran ini. Saya memanfaatkan jejaring sosial whatsapp berupa grup kelas dan tentunya Portal Rumah Belajar.
Pembelajaran kali ini adalah muatan pelajaran IPA materi sumber bunyi, sifat-sifat bunyi, dan percobaan perambatan bunyi (Kelas IV Sekolah Dasar). Pembelajaran jarak jauh ini menggunkan Pembelajaran Inovatif SOLE. Dengan menggunakan model pembelajaran SOLE, diharapkan peserta didik memiliki kompetensi: berfikir kreatif, kemampuan memecahkan masalah, dan kemampuan komunikasi.
Secara lebih terperinci, tahapan pelaksanaan model pembelajaran SOLE adalah sebagai berikut:
1. Memberikan pertanyaan terkait materi yang akan dipelajari;
2. Mengorganisasi siswa;
3. Ekplorasi dan investigasi siswa;
4. Monitoring;
5. Presentasi hasil eksplorasi dan inverstigasi;
6. Evaluasi hasil presentasi.
Pertama-tama yang saya lakukan adalah berkomunikasi dengan siswa di grup WA tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan pada hari tersebut. lalu saya mengakses Portal rumah Belajar. di https://belajar.kemdikbud.go.id/. Portal Rumah Belajar adalah portal yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antarkomunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran yang membantu kita untuk belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja. Fitur utama Rumah Belajar ini adalah sumber belajar, kelas digital, bank soal, dan laboratorium maya. Fitur pendukungnya adalah peta budaya, buku sekolah elektronik, wahana jelajah angkasa, karya bahasa dan sastra, dan pengembangan keprofesian berkelanjuta.
Untuk pembelajaran yang akan saya lakukan, saya memanfaatkan fitur Sumber Belajar yang di dalamnya terdapat konten audio, video, dan konten web. Kali ini saya terlebih sahulu memilih jenjang pendidikan yaitu sekolah dasar, lalu memanfaatkan konten video.
Video di fitur Sumber Belajar yang digunakan dan dipelajari anak-anak saat pembelajaran yaitu:
1. https://rest-app.belajar.kemdikbud.go.id/files/video/ebd43a6c850f47898d0736acf898d9d2.mp4
2. https://rest-app.belajar.kemdikbud.go.id/files/video/9441b51c82f04a779d3b4fa9382d9934.mp4
Kemudian siswa melakukan percobaan tentang sifat-sifat bunyi, merambat melalui benda padat, cair, dan gas.
Dokumentasi kegiatan:
Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar
Merdeka Belajarnya,
Rumah Belajar Portalnya,
Maju Indonesia
0 komentar:
Posting Komentar