Jumat, 13 November 2020

Pembelajaran dengan Memanfaatkan Televisi Edukasi


Televisi Edukasi adalah layanan pembelajaran yang disediakan oleh Pusdatin. Akses yang terdapat dalam layanan Televisi Edukasi dapat diakses melalui beberapa sarana.

Akses Televisi Edukasi Melalui Terestrial
Televisi Edukasi dapat diakses melalui satelit palapa D, dengan spesifikasi sebagai berikut:


Akses Televisi Edukasi Melalui Internet
Televisi Edukasi dapat diakses melalui streaming siaran TV Edukasi yang terdapat pada laman TV Edukasi dan kanal Youtube TV Edukasi, serta layanan non-streaming video on demand (VOD) dan Kuis Kihajar.
Layanan Streaming Televisi Edukasi
  • Laman (website) Televisi Edukasi. Media streaming siarang Televisi Edukasi dapat diakses di laman tve.kemdikbud.go.id. Saat mengunjungi laman ini, kita akan menemukan video materi pengayaan dan berita seputar dunia pendidikan. Untuk mengakses siaran streaming Televisi Edukasi, kita dapat memilih menu "live" atau langsung mengunjungi laman https://tve.kemdikbud.go.id/live/. Di menu live ini juga ditampilkan jadwal siaran yang ditayangkan dari hari penayangan, misalnya jadwal siaran pembelajaran Biologi dan Fisika SMA, Bahasa Indonesia SD, Pelangi Nusantara, dan lainnya.
  • Kanal Youtube. Televisi Edukasi juga menggunakan media konten yang populer, yang kita kenal dengan nama youtube, salah satu media yang digunakan untuk menyebarluaskan konten-konten Televisi edukasi, salah satunya siaran streaming, adalah melalui kanal youtube, yaitu kanal "Televisi Edukasi". Selain siaran streaming, di kanal ini juga terdapat video-video pendidikan yang lain, baik pembelajaran maupun video hiburan seputar dunia pendidikan.

Layanan Non-Streaming Televisi Edukasi
Layanan terkait Televisi Edukasi yang diakses secara non-streaming meliputi Video on Demand (VOD) dan Kuis Kihajar
  • Video on Demand. VOD merupakan fitur Televisi Edukasi yang terdiri video-video pembelajaran, yang mencakup materi pembelajaran formal maupun materi pengayaan, serta video informasi dan berita seputar dunia pendidikan. Materi pembelajaran yang terdapat pada VOD bervariasi mulai dari jenjang PAUD hingga SMA/ SMK

  • Kuis Kihajar, merupakan ajang kompetisi bagi para siswa mulai dari jenjang SD hingga SMA/ SMK, dalam rangka peningkatan kompetensi belajar siswa. Kuis Kihajar dilaksanakan melalui tiga jalur, yaitu Kuis Kihajar Harian (website), Tingkat Provinsi, dan Tingkat Nasional, akan diuji kemampuan akademis (Gali Pengetahuan), mengembangkan keterampilan 4C (eksplorasi potensi), dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreativitas, dan meningkatkan kemampuan komunikasi terkait tema tertentu melalui pemanfaatan TIK (Jelajah Ide). Untuk mengakses informasi mengenai pelaksanaan Kuis Kihajar dapat diakses di laman http://kihajar.kemdikbud.go.id


Akses Televisi Edukasi Melalui Aplikasi Mobile TVE
Dalam rangka mendukung fleksibilitas dan kemudahan dalam mengakses siaran Televisi Edukasi, kita dapat mengunduh versi gawai (mobile) Televisi Edukasi, yaitu aplikasi mobile TVE. Pada fitur mobile ini, kita tidak hanya dapat mengakses siaran streaming Televisi Edukasi beserta jadwal siaran program, tetapi juga dapat mengakses laman VOD, podcast, dan siaran radio Suara Edukasi. Kita dapat memilih menu "Siarang Langsung" untuk mengakses siaran streaming Televisi edukasi, juga menu "Edukasi News" jika ingin menyaksikan informasi kegiatan dan berita seputar pendidikan. Kita bisa mengunduh Mobile TV Edukasi di play store dengan cara mengetikkan TV Edukasi.

Maulidiya Rahma Prastiti

Sahabat Rumah Belajar Jawa Timur 2020

0 komentar:

Posting Komentar