Rabu, 04 November 2020

Program Guru Belajar dalam Masa Pandemi (Tahap Diklat)

 


Saat ini pandemi Covid-19 sedang melanda Indonesia. Hal ini menyebabkan pembelajaran dengan anak didik tidak bisa dilaksanakan di sekolah sebagaimana mestinya. Sebelum pandemi covid-19, anak-anak dapat belajar dengan ceria di kelas, seperti berdiskusi, demonstrasi, presentasi, dan melakukan pembelajaran yang menyenangkan lainnya di kelas. Tetapi, saat ini kondisi sudah berbeda, guru dan siswa melakukan pembelajaran jarak jauh yang mengharuskan siswa untuk belajar di rumah.

 

Pelaksanaan PJJ ini tentunya membuat saya dan siswa saya mengalami banyak tantangan, seperti model atau metode apa yang cocok untuk diterapkan selama PJJ ini, kesiapan siswa dan orang tua dalam melaksanakan PJJ, media dan sumber belajar apa yang sekiranya tidak membuat anak-anak bosan, dan masih ada beberapa tantangan lain yang harus segera saya selesaikan.

 

Sebagai seorang guru, tentunya saya memiliki banyak cara agar anak didik saya tetap belajar secara aktif, menyenangkan, dan bermakna, walaupun dilakukan di rumah saja. Langkah-langkah yang saya lakukan untuk mengatasi tantangan tersebut antara lain mengajak diskusi orang tua dan siswa tentang strategi PJJ ini, menanyakan apa harapan dan hambatan yang dialami orang tua dan siswa jika melaksanakan PJJ. Setelah mengetahui harapan dan hambatan dari orang tua dan siswa, kemudian saya menerapkan model pembelajaran inovatif yang membuat PJJ ini tidak terasa berat bagi saya, orang tua, dan siswa. Selain itu saya membuat bahan ajar yang menarik, memberikan tugas-tugas yang tidak berat namun masih di dalam koridor kurikulum, merancang media pembelajaran yang kreatif, serta memanfaatkan Portal Rumah Belajar yang dapat diakses gratis melalui kuota internet yang diberikan pemerintah. Dengan memanfaatkan Portal Rumah Belajar ini sangat membantu saya, orang tua, dan siswa dalam PJJ ini karena di dalamnya sudah terdapat bahan ajar, media, ataupun sumber belajar inovatif dan menarik siswa sehingga dapat menciptakan PJJ yang menyenangkan dan bermakna.

Maulidiya Rahma Prastiti

Sahabat Rumah Belajar Jawa Timur 2020

0 komentar:

Posting Komentar