I.
Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d
di depan jawaban yang benar!
1. Hak
yang didapatkan penduduk yang tinggal di sekitar Pembangkit Listrik Tenaga Air
(PLTA) adalah …. (PPKn 3.2)
a.
menjaga
kebersihan sumber daya air
b.
mencemari
sumber daya air dengan deterjen
c.
membuat
bendungan di sekitar sumber daya air
d.
mendapatkan
listrik dari pembangkit listrik tenaga air
2.
Salah
satu kewajiban negara terhadap sumber daya alam berupa tambang adalah …. (PPKn 3.2)
a.
mengelola
untuk kesejahteraan rakyat
b.
menyerahkan
sepenuhnya kepada masyarakat
c.
menyerahkan
pengelolaan kepada negara asing
d.
menjual
seluruh hasil tambang ke negara yang membutuhkan
3.
Contoh
hak yang diperoleh masyarakat dalam pemanfaatan sumber daya air adalah …. (PPKn 3.2)
a.
mematikan
kran air setelah selesai mencuci piring
b.
menanam
pohon di lahan yang kering dan gundul
c.
menggunakan
air sungai untuk mengairi sawah
d.
tidak
membuang sampah ke sungai
4.
Perhatikan
kegiatan berikut!
(I)
Membersihkan
tepi danau dari sampah.
(II)
Menanam
bibit pohon di area bekas penambangan.
(III)
Kerja
bakti membersihkan selokan dari sampah.
(IV)
Menggunakan
pukat harimau saat menangkap ikan.
Contoh kegiatan
yang termasuk sikap persatuan dan kesatuan dalam kewajiban melestarikan sumber
daya alam ditunjukkan oleh nomor …. (PPKn
3.2)
a.
I,
II, dan III c.
I, III, dan IV
b.
I,
II, dan IV d.
II, III, dan IV
5.
Kewajiban
manusia kepada lingkungan tempat tinggalnya antara lain …. (PPKn 3.2)
a.
memanfaatkan
lingkungan sesuka hati c. menjaganya
agar tetap lestari
b.
mengambil
selruh kekayaan alam d. membiarkannya
begitu saja
6.
Berikut
ini merupakan akibat jika tidak melakukan kewajiban melestarikan hutan adalah
…. (PPKn 3.2)
a.
terjadi
kekeringan c.
terdapat sumber air baru
b.
terbentuknya
permukiman mewah d. area
pegunungan semakin sejuk
7.
Orang
yang dapat memberikan informasi yang benar saat wawancara disebut …. (BI 3.3)
a.
narasi b.
wartawan c. reporter d.
narasumber
8.
Pertanyaan
yang disampaikan kepada narasumber sebaiknya …. (BI 3.3)
a.
banyak
dan seragam c. berulang-ulang
b.
mudah
dipahami d. sulit dijawab
9.
Kata
tanya yang tepat untuk menanyakan waktu adalah …. (BI 3.3)
a.
kapan b.
dimana c. mengapa d.
bagaimana
10.
Narasumber
yang tepat untuk diwawancarai mengenai program vaksinasi difteri di Posyandu
adalah …. (BI 3.3)
a.
penjaga
apotek b. bidan Posyandu c. guru SD d.
orang tua
11.
Bacalah
cuplikan wawancara berikut!
|
Kalimat
tanya yang tepat untuk mengisi bagian rumpang adalah …. (BI 3.3)
a.
Berapa
berat total hasil tanaman ini dalam sekali panen?
b.
Sejak
kapan sawah-sawah di Kecamatan Senori ditanami padi?
c.
Bagaimana
cara Bapak untuk mengatasi hama?
d.
Tanaman
apa saja yang bapak tanam di sini?
12.
Topik
yang tepat untuk mewawancarai polisi hutan adalah …. (BI 3.3)
a.
bencana
banjir c.
penebangan hutan jati
b.
penyakit
difteri d.
kebakaran pasar
13.
Contoh
perubahan energi cahaya menjadi energi listrik adalah …. (IPA 3.5)
a.
sinar
matahari yang menyinari panel surya
b.
aliran
air yang memutar turbin dan menghidupkan generator
c.
aliran
listrik yang menghidupkan kipas angin
d.
aliran
listrik yang memanaskan pemanggangan roti
14.
Sumber
energi alternatif contohnya …. (IPA 3.5)
a.
batu
bara b.
minyak bumi c. air d. aluminium
15.
Perubahan
energi yang terjadi pada televisi adalah …. (IPA 3.5)
a.
energi
listrik menjadi energi panas dan energi kimia
b.
energi
kimia menjadi energi listrik dan energi bunyi
c.
energi
listrik menjadi energi cahaya dan energi bunyi
d.
energi
cahaya menjadi energi bunyi dan energi listrik
16.
Energi
alternatif yang memanfaatkan kotoran sapi adalah contoh dari sumber energi …. (IPA 3.5)
a.
terbatas b. biogas c. geotermal d. tidak terbarukan
17.
Manusia
dapat melakukan pekerjaan karena memiliki energi yang berasal dari …. (IPA 3.5)
a.
listrik b. baterai c. makanan d. aki
18.
Berikut
ini merupakan contoh pemanfaatan energi matahari adalah …. (IPA 3.5)
a.
menjemur
ikan dan pakaian c. menggerakkan perahu
b.
memutar
kincir air d.
menerbangkan layang-layang
19.
Sumber
daya alam berikut ini terdapat di pantai dan laut, kecuali …. (IPS 3.1)
a.
pohon
bakau b. mutiara c. rumput laut d. pohon teh
20.
Hasil
pertanian yang dimanfaatkan untuk sumber bahan makanan pokok adalah …. (IPS 3.1)
a.
padi,
ubi, dan jagung c. cabai, bawang merah, dan tomat
b.
kunyit,
lengkuas, dan jahe d.
mangga, pisang, dan pepaya
21.
Salah
satu usaha menangani masalah sampah yang ada di lingkungan adalah …. (IPS 3.1)
a.
membuang
sampah ke sungai c. membuat
kerajinan dari barang bekas
b.
mengubur
sampah plastik d. menumpuk
sampah di belakang rumah
22.
Berikut
ini merupaka akibat dari penggundulan hutan adalah …. (IPS 3.1)
a.
sering
terjadi tanah longsor c.
cadangan air tanah melimpah
b.
hewan-hewan
hidup tenang d. udara di sekitar menjadi sejuk
23.
Sumber
daya alam berikut yang dapat diperbarui, yaitu …. (IPS 3.1)
a.
ikan b. emas c. bauksit d. gas alam
24.
Manusia
memanfaatkan alam pegunungan untuk …. (IPS
3.1)
a.
membudidayakan
ikan c. bertani sayuran
b.
berburu
hewan d.
mendirikan pabrik
25.
Bunyi
yang beraturan dan memiliki frekuensi tertentu disebut …. (SBdP 3.2)
a.
gema b. gaung c.
nada d. irama
26.
Jika terdapat tanda titik di bawah not, artinya …. (SBdP 3.2)
a.
nada
tinggi b. nada rendah c. nada sedang d. nada dasar
27.
Perhatikan
lirik lagu “Desaku yang Kucinta” berikut!
|
Lagu
tersebut menggambarkan suasana desa yang …. (SBdP 3.2)
a.
gersang b. tandus c. permai d.
gaduh
28.
Lagu
“Desaku yang Kucinta” memiliki tempo …. (SBdP
3.2)
a.
moderato b. allegro c. presto d.
andante
29.
Lagu
“Desaku yang Kucinta” diciptakan oleh …. (SBdP
3.2)
a.
H.
Muchtar d. L. Manik c. AT Mahmud d. Ibu Sud
30.
Lagu
daerah Bungong Jeumpa berasal dari provinsi …. (SBdP 3.2)
a.
Jawa
Timur d. Papua c. Aceh d.
Bali
II.
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang
benar!
31.
Kewajiban
sebagai masyarakat yang tinggal di dekat lereng rawan tanah longsor adalah …. (PPKn 3.2)
32.
Setiap
orang memiliki hak yang sama untuk menggunakan energi, tetapi tidak lupa harus
melaksanakan kewajiban untuk … energi. (PPKn
3.2)
33.
Kewajiban
terhadap tumbuhan yang ada di halaman rumah adalah …. (PPKn 3.2)
34.
Narasumber
yang tepat untuk diwawancarai mengenai cara mengajar yang baik di kelas adalah
…. (BI 3.3)
35.
Perhatikan
jawaban wawancara berikut!
|
Pertanyaan
yang tepat untuk jawaban wawancara tersebut adalah …. (BI 3.3)
36.
Tujuan
seseorang melakukan wawancara adalah untuk memperoleh …. (BI 3.3)
37.
Sumber
energi terbesar di bumi adalah …. (IPA
3.5)
38. Perubahan energi yang terjadi pada blender yaitu dari energi … menjadi energi …. (IPA 3.5)
39.
Kincir
angin yang dihubungkan ke generator dapat menghasilkan energi …. (IPA 3.5)
40.
Hasil
pertambangan berupa grafit dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan …. (IPS 3.1)
41.
Avtur
adalah hasil olahan minyak bumi yang dimanfaatkan sebagai bahan bakar …. (IPS 3.1)
42.
Saat
makan ikan sarden dari kaleng, kita melakukan salah satu kegiatan ekonomi,
yaitu …. (IPS 3.1)
43.
Ukuran
kecepatan musik dalam birama lagu atau cepat lambatnya lagu dinyanyikan disebut
…. (SBdP 3.2)
44.
Nada
“sol” dilambangkan dengan angka …. (SBdP
3.2)
45.
Perasaan
dan imajinasi saat menyanyikan lagu “Memandang Alam” adalah …. (SBdP 3.2)
III.
Jawablahpertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan
benar!
46. Sebutkan hak dan kewajiban dalam menjaga
sumber daya alam bagi masyarakat yang tinggal di lingkungan pesisir pantai!
47. Tuliskan
dua pertanyaan yang sesuai untuk mewawancarai petani yang memanfaatkan panas
matahari dalam mengeringkan padi! (BI
3.3)
48.
Sebutkan
manfaat air sebagai sumber energi alternatif! (IPA 3.5)
49.
Jelaskan
upaya yang dapat dilakukan untuk menghemat penggunaan minyak bumi! (IPS 3.1)
50.
Perhatikan
lirik lagu yang berjudul “Memandang Alam” berikut!
|
Jelaskan maksud atau isi lagu tersebut! (SBdP 3.2)
0 komentar:
Posting Komentar