Rabu, 21 Maret 2018

Penilaian Akhir Semester Kelas IV Tema 9 Kayanya Negeriku


I.              Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang benar!
1.         Hak yang didapatkan penduduk yang tinggal di sekitar Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) adalah …. (PPKn 3.2)
a.       menjaga kebersihan sumber daya air
b.      mencemari sumber daya air dengan deterjen
c.       membuat bendungan di sekitar sumber daya air
d.      mendapatkan listrik dari pembangkit listrik tenaga air
2.             Salah satu kewajiban negara terhadap sumber daya alam berupa tambang adalah …. (PPKn 3.2)
a.       mengelola untuk kesejahteraan rakyat
b.      menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat
c.       menyerahkan pengelolaan kepada negara asing
d.      menjual seluruh hasil tambang ke negara yang membutuhkan
3.             Contoh hak yang diperoleh masyarakat dalam pemanfaatan sumber daya air adalah …. (PPKn 3.2)
a.       mematikan kran air setelah selesai mencuci piring
b.      menanam pohon di lahan yang kering dan gundul
c.       menggunakan air sungai untuk mengairi sawah
d.      tidak membuang sampah ke sungai
4.             Perhatikan kegiatan berikut!
(I)                Membersihkan tepi danau dari sampah.
(II)             Menanam bibit pohon di area bekas penambangan.
(III)          Kerja bakti membersihkan selokan dari sampah.
(IV)          Menggunakan pukat harimau saat menangkap ikan.
Contoh kegiatan yang termasuk sikap persatuan dan kesatuan dalam kewajiban melestarikan sumber daya alam ditunjukkan oleh nomor …. (PPKn 3.2)
a.       I, II, dan III                                                 c. I, III, dan IV
b.      I, II, dan IV                                                 d. II, III, dan IV
5.             Kewajiban manusia kepada lingkungan tempat tinggalnya antara lain …. (PPKn 3.2)
a.       memanfaatkan lingkungan sesuka hati        c. menjaganya agar tetap lestari
b.      mengambil selruh kekayaan alam                d. membiarkannya begitu saja
6.             Berikut ini merupakan akibat jika tidak melakukan kewajiban melestarikan hutan adalah …. (PPKn 3.2)
a.       terjadi kekeringan                                        c. terdapat sumber air baru
b.      terbentuknya permukiman mewah              d. area pegunungan semakin sejuk
7.             Orang yang dapat memberikan informasi yang benar saat wawancara disebut …. (BI 3.3)
a.       narasi                       b. wartawan                c. reporter        d. narasumber
8.             Pertanyaan yang disampaikan kepada narasumber sebaiknya …. (BI 3.3)
a.       banyak dan seragam                                    c. berulang-ulang
b.      mudah dipahami                                          d. sulit dijawab
9.             Kata tanya yang tepat untuk menanyakan waktu adalah …. (BI 3.3)
a.       kapan                       b. dimana                    c. mengapa      d. bagaimana
10.         Narasumber yang tepat untuk diwawancarai mengenai program vaksinasi difteri di Posyandu adalah …. (BI 3.3)
a.       penjaga apotek         b. bidan Posyandu      c. guru SD       d. orang tua
11.         Bacalah cuplikan wawancara berikut!
             Akbar  :”Saya ingin mewawancarai Bapak terkait pertanian di Kecamatan
             Senori, Pak”.
             Petani  : “Iya, Akbar, silahkan”.
             Akbar  : “…”
             Petani  : “Kami mengatasinya dengan memberikan pestisida”.

 
 








Kalimat tanya yang tepat untuk mengisi bagian rumpang adalah …. (BI 3.3)
a.       Berapa berat total hasil tanaman ini dalam sekali panen?
b.      Sejak kapan sawah-sawah di Kecamatan Senori ditanami padi?
c.       Bagaimana cara Bapak untuk mengatasi hama?
d.      Tanaman apa saja yang bapak tanam di sini?
12.         Topik yang tepat untuk mewawancarai polisi hutan adalah …. (BI 3.3)
a.       bencana banjir                                              c. penebangan hutan jati
b.      penyakit difteri                                            d. kebakaran pasar

13.         Contoh perubahan energi cahaya menjadi energi listrik adalah …. (IPA 3.5)
a.       sinar matahari yang menyinari panel surya
b.      aliran air yang memutar turbin dan menghidupkan generator
c.       aliran listrik yang menghidupkan kipas angin
d.      aliran listrik yang memanaskan pemanggangan roti
14.         Sumber energi alternatif contohnya …. (IPA 3.5)
a.       batu bara                  b. minyak bumi           c. air                d. aluminium
15.         Perubahan energi yang terjadi pada televisi adalah …. (IPA 3.5)
a.       energi listrik menjadi energi panas dan energi kimia
b.      energi kimia menjadi energi listrik dan energi bunyi
c.       energi listrik menjadi energi cahaya dan energi bunyi
d.      energi cahaya menjadi energi bunyi dan energi listrik
16.         Energi alternatif yang memanfaatkan kotoran sapi adalah contoh dari sumber energi …. (IPA 3.5)
a.       terbatas                    b. biogas          c. geotermal                 d. tidak terbarukan
17.         Manusia dapat melakukan pekerjaan karena memiliki energi yang berasal dari …. (IPA 3.5)
a.       listrik                        b. baterai         c. makanan                  d. aki
18.         Berikut ini merupakan contoh pemanfaatan energi matahari adalah …. (IPA 3.5)
a.       menjemur ikan dan pakaian             c. menggerakkan perahu
b.      memutar kincir air                            d. menerbangkan layang-layang
19.         Sumber daya alam berikut ini terdapat di pantai dan laut, kecuali …. (IPS 3.1)
a.       pohon bakau            b. mutiara        c. rumput laut              d. pohon teh
20.         Hasil pertanian yang dimanfaatkan untuk sumber bahan makanan pokok adalah …. (IPS 3.1)
a.       padi, ubi, dan jagung                       c. cabai, bawang merah, dan tomat
b.      kunyit, lengkuas, dan jahe               d. mangga, pisang, dan pepaya
21.         Salah satu usaha menangani masalah sampah yang ada di lingkungan adalah …. (IPS 3.1)
a.       membuang sampah ke sungai          c. membuat kerajinan dari barang bekas
b.      mengubur sampah plastik                d. menumpuk sampah di belakang rumah
22.         Berikut ini merupaka akibat dari penggundulan hutan adalah …. (IPS 3.1)
a.       sering terjadi tanah longsor             c. cadangan air tanah melimpah
b.      hewan-hewan hidup tenang                        d. udara di sekitar menjadi sejuk
23.         Sumber daya alam berikut yang dapat diperbarui, yaitu …. (IPS 3.1)
a.       ikan                          b. emas            c. bauksit                     d. gas alam
24.         Manusia memanfaatkan alam pegunungan untuk …. (IPS 3.1)
a.       membudidayakan ikan                    c. bertani sayuran
b.      berburu hewan                                 d. mendirikan pabrik

25.         Bunyi yang beraturan dan memiliki frekuensi tertentu disebut …. (SBdP 3.2)
a.       gema                        b. gaung                      c. nada                         d. irama
26.         Jika terdapat tanda titik di bawah not, artinya …. (SBdP 3.2)
a.       nada tinggi                b. nada rendah             c. nada sedang             d. nada dasar
27.         Perhatikan lirik lagu “Desaku yang Kucinta” berikut!
             Desaku yang ku cinta
             Pujaan hatiku
             Tempat ayah dan bunda dan handai tolanku
             Tak mudah kulupakan
             Tak mudah bercerai
             Selalu kurindukan
             Desaku yang permai
 
 










Lagu tersebut menggambarkan suasana desa yang …. (SBdP 3.2)
a.       gersang                    b. tandus                     c. permai                      d. gaduh
28.         Lagu “Desaku yang Kucinta” memiliki tempo …. (SBdP 3.2)
a.       moderato                 b. allegro                     c. presto                       d. andante
29.         Lagu “Desaku yang Kucinta” diciptakan oleh …. (SBdP 3.2)
a.       H. Muchtar              d. L. Manik                 c. AT Mahmud            d. Ibu Sud
30.         Lagu daerah Bungong Jeumpa berasal dari provinsi …. (SBdP 3.2)
a.       Jawa Timur              d. Papua                      c. Aceh                        d. Bali

II.           Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!
31.         Kewajiban sebagai masyarakat yang tinggal di dekat lereng rawan tanah longsor adalah …. (PPKn 3.2)
32.         Setiap orang memiliki hak yang sama untuk menggunakan energi, tetapi tidak lupa harus melaksanakan kewajiban untuk … energi. (PPKn 3.2)
33.         Kewajiban terhadap tumbuhan yang ada di halaman rumah adalah …. (PPKn 3.2)
34.         Narasumber yang tepat untuk diwawancarai mengenai cara mengajar yang baik di kelas adalah …. (BI 3.3)
35.         Perhatikan jawaban wawancara berikut!
               Kita harus menghemat energi karena sebagian energi yang ada di Indonesia 
               jumlahnya terbatas.
 
 




Pertanyaan yang tepat untuk jawaban wawancara tersebut adalah …. (BI 3.3)
36.         Tujuan seseorang melakukan wawancara adalah untuk memperoleh …. (BI 3.3)
37.         Sumber energi terbesar di bumi adalah …. (IPA 3.5)
38.          Perubahan energi yang terjadi pada blender yaitu dari energi … menjadi energi …. (IPA 3.5)
39.         Kincir angin yang dihubungkan ke generator dapat menghasilkan energi …. (IPA 3.5)
40.         Hasil pertambangan berupa grafit dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan …. (IPS 3.1)
41.         Avtur adalah hasil olahan minyak bumi yang dimanfaatkan sebagai bahan bakar …. (IPS 3.1)
42.         Saat makan ikan sarden dari kaleng, kita melakukan salah satu kegiatan ekonomi, yaitu …. (IPS 3.1)
43.         Ukuran kecepatan musik dalam birama lagu atau cepat lambatnya lagu dinyanyikan disebut …. (SBdP 3.2)
44.         Nada “sol” dilambangkan dengan angka …. (SBdP 3.2)
45.         Perasaan dan imajinasi saat menyanyikan lagu “Memandang Alam” adalah …. (SBdP 3.2)

III.        Jawablahpertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
46.       Sebutkan hak dan kewajiban dalam menjaga sumber daya alam bagi masyarakat yang tinggal di lingkungan pesisir pantai!
47.       Tuliskan dua pertanyaan yang sesuai untuk mewawancarai petani yang memanfaatkan panas matahari dalam mengeringkan padi! (BI 3.3)
48.         Sebutkan manfaat air sebagai sumber energi alternatif! (IPA 3.5)
49.         Jelaskan upaya yang dapat dilakukan untuk menghemat penggunaan minyak bumi! (IPS 3.1)
50.         Perhatikan lirik lagu yang berjudul “Memandang Alam” berikut!
             Memandang alam dari atas bukit
             Sejauh pandang kulepaskan
             Sungai tampak berliku
             Sawah hijau terbentang bagai permadani di kaki langit
             Gunung menjulang berpayung awan
             Oooh indah pemandangan
 
 








         Jelaskan maksud atau isi lagu tersebut! (SBdP 3.2)

Maulidiya Rahma Prastiti

Sahabat Rumah Belajar Jawa Timur 2020

0 komentar:

Posting Komentar