Senin, 26 Oktober 2020

Game Interaktif Wordwall Solusi Cerdas Saat PJJ



Selama pembelajaran jarak jauh berlangsung beberapa bulan terkahir ini pastinya menjumpai sebagian besar murid yang mengeluh bosan atau jenuh dengan pembelajaran. Ada banyak siswa yang stres, burnout, nge-drop, jenuh, bahkan masuk IGD saat belajar jarak jauh selama pandemi covid-19 ini. Siswa mengalami rasa jenuh, capek mental dan fisik, beban tugas sekolah yang banyak, minim interaksi. Hal ini dibuktikan survey yang dilakukan oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia di 20 provinsi dan 54 kabupaten/ kota yang melibatkan 1.700 responden didapat hasil bahwa 73,2 % siswa terbebani tugas dan 77,8 % siswa kelelahan mengerjakan tumpukan tugas yang dituntut guru dikerjakan dalam waktu singkat. Survei lain juga dilakukan oleh PEKA I Unicef Indonesia x CIMSA Indonesia . Survey ini dilaksanakan tanggal 13-16 Agustus 2020 yang dilakukan oleh 638 responden di 32 provinsi. Hasil dari jajak pendapat tersebut yaitu 38 % anak (15-19 tahun) tertekan oleh orang tua, 14 % anak tertekan oleh guru, 13 % anak tertekan oleh teman, dan sebesar 5 % anak tertekan oleh saudara.

Strategi apa yang perlu dilakukan agar siswa tidak bosan? Salah satu solusinya adalah dengan melakukan variasi bahan ajar. Keadaan pandemi ini mengharuskan guru untuk memberikan variasi bahan ajar agar anak-anak lebih "betah" belajar daring.

Apakah ini artinya guru harus menguasai aplikasi atau software yang canggih? Tentu saja tidak. Guru dapat menggunakan aplikasi sederhana untuk mengembangkan bahan ajar seperti game atau kuis interaktif. Tetapi untuk guru-guru yang sudah mahir menggunakan berbagai aplikasi canggih, hal tersebut tidak menimbulkan masalah.

Salah satu web aplikasi pembuat game interaktif adalah wordwall. Wordwall adalah alat melek huruf yang terdiri atas kumpulan kata-kata yang terorganisir yang ditampilkan dalam huruf besar yang dilihat di dinding papan buletin atau permukaan tampilan lainnya di ruang kelas. Wordwall merupakan web aplikasi yang digunakan membuat game berbasis kuis menyenangkan. Aplikasi ini cocok untuk para educator yang ingin menggunakan pendekatan lain dalam merancang dan mengulas sebuah penilaian pembelajaran. Dengan wordwall kita dapat membuat berbagai macam model game atau kuis secara interaktif.

Langkah-langkah membuat game interaktif dengan wordwall antara lain:
  1. Login (pada web browser silahkan ketik https://wordwall.net/ , kemudian klik login/ sign up)
  2. Buat akun (dapat menggunakan akun gmail)
  3. Create activity 
  4. Pilih template game (memilih tipe game yang diinginkan)
  5. Tulis judul game
  6. Input soal (pada menu "Qu.1" bisa menuliskan soal dan Add Image / tambah gambar)
  7. Buat jawaban (jawaban bisa berupa tulisan atau gambar)
  8. Buat kunci jawaban (centang jawaban benar, selanjutnya klik menu "done")
  9. Pengaturan game (mengatur game pada menu options dan leaderboard)
  10. Klik tombol share (pilih make public atau set assignment)






Klik link berikut ini untuk mencoba game interaktif wordwall.


























Maulidiya Rahma Prastiti

Sahabat Rumah Belajar Jawa Timur 2020

0 komentar:

Posting Komentar