Senin, 09 November 2020

Kelas Maya Rumah Belajar


Kelas Maya adalah sebuah learning management system (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi terjadinya pembelajaran dalam jaringan (online) antara peserta didik dan pendidik kapan saja dan di mana saja. Kegiatan di Kelas Maya dapat dilaksanakan pada waktu tertentu yang terjadwal oleh pendidik, peserta didik dapat mengikuti pembelajaran virtual dengan pendidik melalui alat komunikasi sinkronus (chat, video conference, audio conference, desktop sharing, whiteboard)

Pembelajaran di Kelas Maya merupakan implementasi pembelajaran konstruktif yang menuntut pembelajaran aktif dan berpusat pada peserta didik untuk mendorong keterampilan peserta didik. Pembelajaran Kelas Maya merupakan layanan pembelajaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk merancang, menyampaikan, dan mengatur pembelajaran formal dan informal serta berbagi pengetahuan sehingga model pembelajaran di Kelas Maya ini dirancang sebgai pelengkap kegiatan pembelajaran di kelas dengan lebih banyak pada aktivitas asincronous berdasarkan fasilitas TIK yang tersedia di sekolah.

Implementasi pemanfaatan TIK dalam pembelajaran melibatkan pihak sekolah (kepala sekolah, pendidik, peserta didik, admin/ operator, dan orang tua) yaitu:
  1. Sekolah sebagai penyelenggara Kelas Maya, sehingga sekolah melalui kepala sekolah membuat kebijakan untuk membuat Kelas Maya, mengatur, merencanakan, dan melaksanakan pembelajaran melalui Kelas Maya.
  2. Pendidikan sebagai pengelola kelas memiliki peran dalam keberhasilan pelaksanaan Kelas Maya. Hal ini terkait dengan tugas-tugas yang harus dilakukan pendidik dalam merencanakan, mempersiapkan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran melalui Kelas Maya.
  3. Siswa sebagai peserta Kelas Maya mendapatkan fasilitas pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman terhadap suatu materi. Peserta Kelas Maya dituntut kemandirian dan kesungguhan dalam mengikuti Kelas Maya ini.
  4. Administrator memiliki hak akses dalam mengelola keseluruhan sistem di antaranya mengeola master data sistem (mata pelajaran, kelas, statistik), mengelola akses seluruh pengguna sistem (penyelenggara, pendidik, peserta didi), mengatur pengelolaan seluruh kelas, monitoring seluruh aktivitas sistem pembelajaran, monitoring seluruh aktivitas pengguna sistem.
  5. Orang tua dapat memantau keaktifan siswa dalam mengikuti Kelas Maya sehingga dapat mengetahui perkembangan siswa.

Kategori pengguna Kelas Maya terdiri atas administrator, sekolah sebagai penyelenggara, pendidik, dan peserta didik.
  1. Sekolah sebagai penyelenggara Kelas Maya memiliki hak akses untuk mengelola keseluruhan sistem Kelas Maya di sekolah di antaranya mengelola kelas (membuat kelas, menambahkan tim pengajar), mengelola pengguna di sekolah (mengelola pendidik dan peserta didik), monitoring aktivitas kelas (melihat rekap nilai), dan monitoring aktivitas pengguna (pendidik, peserta didik).
  2. Pendidik di Kelas Maya memiliki hak akses untuk mengelola kelas (membuat kelas, mengatur konfigurasi kelas, mengunggah modul, mengunggah tugas, membuat pengumuman, menisi forum diskusi, mengatur penilaian), dan monitoring aktivitas peserta didik (melihat aktivitas peserta didik, dan melihat nilai peserta didik).
  3. Peserta didik di Kelas Maya memiliki hak akses untuk memilih kelas, mengikuti kelas, mengumpulkan tugas, mengikuti ujian, membaca pengumuman, mengikuti forum diskusi, mengubah profil, dan melihat nilai)
Kelas Maya Rumah Belajar memiliki kelebihan-kelebihan sebagai berikut.
  1. Pembelajan dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja tidak terikat pada suatu tempat atau waktu.
  2. Proses pembelajran menjadi semakin menarik karena adanya fleksibilitas dan interaktivitas dibandingkan dengan media yang lainnya.
  3. Peserta didik dapat belajar tidak terbatas pada materi yang tersedia dalam kelas tatap muka. Pembelajaran lebih interaktif karena sifatnya menuntut perhatian peserta didik.
  4. Tersedia aneka sumber belajar pada Rumah Belajar yang kaya dengan media sehingga dapat membantu belajar peserta didik.
  5. Pembelajaran dapat dikendalikan oleh peserta didik. Peserta didik yang lebih cepat menyerap materi dapat lebih cepat menyelesaikan target materinya.
  6. Pendidik sebagai fasilitator, penyedia, dan pendukung dalam proses pembelajaran. Tidak terbatas jumlah peserta didik dan ukuran kelas.
  7. Penilaian dapat dilakukan dengan berbagai metode yang lebih bervariasi.
  8. Orang tua dapat memonitoring kegiatan peserta didik di dalam Kelas Maya dengan melihat laporan aktivitas peserta didik yang diberikan pendidik.

Maulidiya Rahma Prastiti

Sahabat Rumah Belajar Jawa Timur 2020

0 komentar:

Posting Komentar