Senin, 09 November 2020

Cara Mengunduh Konten Sumber Belajar Secara Offline

Fitur Sumber Belajar di Portal Rumah Belajar dapat dimanfaatkan secara offline. Hal ini dapat dilakukan jika akses koneksi internet tidak terlalu baik, maka kita dapat mengunduh konten di tempat lain terlebih dahulu yang memiliki akses internet yang baik.

Cara mengunduh konten agar dapat dimanfaatkan secara online yaitu harus log in terlebih dahulu (masuk dengan akun yang sudah terdaftar) dan klik MASUK. Jika pengguna merupakan anggota baru, maka diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu dengan klik BUAT AKUN.

Setelah itu akan muncul tampilan sebagai berikut:

Setelah muncul tampilan tersebut, silahkan mengisi sebagai guru atau siswa. Pengisian NUPTK atau NISN ini penting dan harus benar karena data pengguna dapat disinkronkan dengan data DAPODIK. Pengisian email juga harus dengan benar dan harus aktif. Setelah mengisi data dengan benar dan sesungguhnya, di bagian akhir terdapat chaptcha yang harus dimasukkan, kemudian klik DAFTAR.

Setelah berhasil mendaftar, maka langsung bisa log in atau masuk dengan akun yang sudah dibuat. Dengan log in menggunakan akun, maka bisa mengunduh materi (baik konten audio, video, maupun konten web). Hasil unduhan bisa disimpan di media penyimpanan (laptop/ USB/ eksternal hard disk, dsb), kemudian hasil unduhan bisa diakses dan dimanfaatkan secara offline sebagai bahan belajar terbuka oleh siswa.



Selain fasilitas unduh, kemudian log in menggunakan akun Sumber Belajar, akan memperoleh fasilitas lebih, yaitu dapat memberikan komentar secara langsung pada tiap tampilan materi pembelajaran, baik komentar terhadap isi materi, kemasan, ketertarikan terhadap konten, pada kolom komentar, seperti tampilan berikut ini.








Maulidiya Rahma Prastiti

Sahabat Rumah Belajar Jawa Timur 2020

0 komentar:

Posting Komentar