Jumat, 06 November 2020

Materi dan Capaian Pembelajaran dalam Program Guru Penggerak

MODUL 1: Paradigma dan Visi Guru Penggerak

Capaian Pembelajaran

  • Calon Guru Penggerak mampu memahami filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan melakukan refleksi kritis atas hubungan nilai-nilai tersebut dengan konteks pendidikan lokal dan nasional pada saat ini.
  • Calon Guru Penggerak mampu menjalankan strategi sebagai pembelajaran yang mengupayakan terwujudnya sekolah sebagai pusat pengembangan karakter dengan budaya positif.
  • Calon Guru Penggerak mampu mengembangkan dan mengkomunikasikan visi sekolah yang berpihak pada murid, kepada guru, dan pemangku kepentingan.

Topik Pembelajaran

  • Filosofi Pendidikan Indonesia
  • Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak
  • Membangun Visi Sekolah
  • Membangun Budaya Positif di Sekolah

Durasi Pembelajaran

Materi dan capaian pembelajaran modul ini dilaksanakan selama dua bulan


MODUL 2: Praktik Pembelajaran yang Berpihak pada Murid

Capaian Pembelajaran

  • Calon Guru Penggerak dapat mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi untuk mengakomodasi kebutuhan belajar siswa yang berbeda.
  • Calon Guru Penggerak mampu mengelola emosi dan mengembangkan keterampilan sosial yang menunjang pembelajaran.
  • Calon Guru Penggerak mampu melakukan praktik komunikasi yang memberdayakan sebagai keterampilan dasar seorang coach.
  • Calon Guru Penggerak mampu menerapkan praktik choaching sebagai pemimpin pembelajaran.

Topik Pembelajaran

  • Pembelajaran berdifferensiasi
  • Pembelajaran emosi dan sosial
  • Coaching

Durasi Pembelajaran

Materi dan capaian pembelajaran modul ini dilaksanakan selama dua bulan


MODUL 3: Pemimpin Pembelajaran dalam Pengembangan Sekolah

Capaian Pembelajaran

  • Calon Guru Penggerak mampu melakukan praktik pengambilan keputusan yang berdasarkan prinsip pemimpin pembelajaran.
  • Calon Guru Penggerak mampu melakukan strategi pengelolaan sumber daya manusia, keuangan, waktu, dan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang berdampak pada murid.
  • Calon Guru Penggerak mampu merencanakan, mengorganisasikan, dan mengarahkan program perbaikan dan perubahan sekolah, serta memantaunya agar berjalan sesuai rencana dan mengarahkan pada tujuan.

Topik Pembelajaran

  • Pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran
  • Pemimpin dalam pengelolaan sumber daya
  • Pengelolaan program yang berdampak pada murid

Durasi Pembelajaran

Materi dan capaian pembelajaran modul ini dilaksanakan selama dua bulan


MODUL 4: Selebrasi, Refleksi, Kolaborasi, dan Aksi

Capaian Pembelajaran

  • Calon Guru Penggerak merefleksi perannya sebagai Guru Penggerak dan strategi yang telah dijalankan sebagai guru penggerak.
  • Calon Guru Penggerak berbagi praktik baik dengan rekan sejawat.
  • Calon Guru Penggerak membuat rencana tindak lanjut dan kolaborasi dengan rekan sejawat.
  • Calon Guru Penggerak membuat rencana tindak lanjut dan berkolaborasi dengan rekan sejawat,

Topik Pembelajaran

  • Menjadi fasilitator kelompok dan perubahan
  • Penyegaran topik-topik inti di modul 1, 2, dan 3
  • Mengevaluasi proses mentoring bersama mentor
  • Membagikan praktik baik kepemimpinan pembelajaran

Durasi Pembelajaran

Materi dan capaian pembelajaran modul ini dilaksanakan selama tiga bulan


Maulidiya Rahma Prastiti

Sahabat Rumah Belajar Jawa Timur 2020

0 komentar:

Posting Komentar