Minggu, 17 Januari 2021

Asesmen Numerasi Tingkat SD


Konsep Numerasi

Numerasi termasuk dalam kompetensi yang paling mendasar yang ingin dievaluasi dalam Asesmen Kompetensi Minimum. Sebelum membahas lebih jauh mengenai asesmen numerasi dalam AKM, Bapak dan Ibu perlu meninjau kembali apa yang dimaksud dengan numerasi.

Numerasi merupakan suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan, keterampilan, perilaku, dan disposisi yang dibutuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan dan situasi yang lebih luas. Numerasi menuntut siswa untuk mengenali dan memahami peran matematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah dalam kehidupan nyata.

Secara umum kompetensi numerasi ditandai dengan kemampuan seseorang untuk bernalar, mengambil keputusan yang tepat, dan memecahkan masalah. Kemampuan ini dalam penerapannya terkait dengan mata pelajaran lain yang siswa pelajari.


Mengenal Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi

Pada topik sebelumnya, Bapak dan Ibu telah mempelajari Butir Soal Asesmen Literasi pada Setiap Jenjang. Pada topik ini Bapak dan Ibu guru akan mempelajari lebih jauh mengenai Asesmen Numerasi yang berlaku untuk Asesmen Kompetensi Minimum yang akan diberikan pada siswa. Dalam penilaiannya asesmen literasi membaca tidak hanya mengukur topik atau konten tertentu tetapi berbagai konten, berbagai konteks dan pada beberapa tingkat proses kognitif. 

Pada Numerasi, konten dibedakan menjadi empat kelompok, yaitu: Bilangan, Pengukuran dan Geometri, Data dan Ketidakpastian, serta Aljabar.  Kemudian, tingkat proses kognitif menunjukkan proses berpikir yang dituntut atau diperlukan untuk dapat menyelesaikan masalah atau soal. Pada Numerasi, ketiga level tersebut adalah pemahaman, penerapan, dan penalaran.  Sedangkan konteks menunjukkan aspek kehidupan atau situasi untuk konten yang digunakan. Konteks pada AKM dibedakan menjadi tiga, yaitu personal, sosial budaya, dan saintifik. 


Untuk mempermudah Bapak dan Ibu memahami penilaian asesmen literasi membaca silakan cek infografis berikut:


Menganalisis Tahap Asesmen Numerasi Tingkat SD

Selanjutnya, Bapak dan Ibu akan berlatih menganalisis tahap asesmen pada tingkat SD.

Pada jenjang SD/MI terdapat 3 level pembelajaran. Pada level 1 terdapat 3 konten yang dipelajari yakni, bilangan, geometri dan pengukuran serta aljabar. Sedangkan pada level 2-3 terdapat 4 konten yakni, bilangan, geometri dan pengukuran, aljabar, dan data dan ketidak pastian.

Pada level pembelajaran 1 untuk kelas 2, siswa akan belajar merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan. Siswa akan mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Selain itu siswa juga akan mempelajari persamaan dan pertidaksamaan bilangan serta relasi dan fungsi bilangan.  Bapak dan Ibu juga dapat melihat penjelasan yang lebih lengkap melalui link berikut.

Level Pembelajaran 1 Numerasi

Pada level pembelajaran 2 untuk kelas 4, siswa akan belajar merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dengan bilangan bulat ataupun desimal. Siswa akan mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Selain itu siswa juga akan mempelajari persamaan dan pertidaksamaan bilangan, relasi dan fungsi bilangan, juga rasio dan proporsi. Pada level ini siswa juga akan mempelajari data dengan representasinya serta ketidakpastian dan peluang.  Bapak dan Ibu juga dapat melihat penjelasan yang lebih lengkap melalui link berikut.

Level Pembelajaran 2 Numerasi

Pada level pembelajaran 3 untuk kelas 6, siswa akan belajar merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dengan bilangan bulat ataupun desimal. Siswa akan mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Selain itu siswa juga akan mempelajari persamaan dan pertidaksamaan bilangan, relasi dan fungsi bilangan, juga rasio dan proporsi. Pada level ini siswa juga akan mempelajari data dengan representasinya.  Bapak dan Ibu juga dapat melihat penjelasan yang lebih lengkap melalui link berikut.

Level Pembelajaran 3 Numerasi


LEVEL PEMBELAJARAN 1 NUMERASI

  1. memahami bilangan cacah (maksimal tiga angka)
  2. Memahami pecahan satuan sederhana (1/2, 1/3, 1/4, 1/5)
  3. Mengenal garis bilangan dan mengetahui posisi bilangan cacah pada garis bilangan
  4. Membandingkan dua bilangan cacah (maksimal tiga angka)
  5. Menghitung hasil penjumlahan/ pengurangan dua bilangan cacah (maksimal tiga angka)
  6. Menentukan beberapa (maksimal 5) kelipatan suatu bilangan cacah dengan n < 10
  7. Mengenal segi empat, segitiga, segi banyak, dan lingkaran
  8. Mengenal balok dan kubus 
  9. Mengenal satuan baku untuk panjang (cm, m), berat (gr, kg), waktu (detik, menit, jam), dan volume (liter)
  10. Menyelesaikan persamaan sederhana menggunakan operasi penjumlahan/ pengurangan saja (dalam bentuk yang ramah bagi anak)
  11. Mengenal pola gambar atau objek

LEVEL PEMBELAJARAN 2 NUMERASI UNTUK KELAS 4

  1. Memahami pecahan dan pecahan campuran positif dengan penyebut bilangan satu atau dua angka
  2. Mengetahui posisi pecahan pada garis bilangan
  3. Membandingkan dua pecahan, termasuk membandingkan pecahan dan bilangan cacah
  4. Menghitung hasil penjumlahan/ pengurangan/ perkalian/ pembagian dua bilangan cacah (maksimal enam angka), termasuk menghitung kuadrat dari suatu bilangan cacah (maksimal tiga angka)
  5. Menentukan KPK, faktor suatu bilangan cacah, dan FPB
  6. Menghitung luas persegi panjang bila diketahui panjang dan lebarnya, dan menghitung panjang atau lebar bila diketahui luas dan salah satu sisinya.
  7. Mengenal prisma dan tabung
  8. Mengenal dan menggunakan satuan luas dan volume
  9. Menyelesaikan persamaan sederhana menggunakan operasi perkalian/ pembagian saja
  10. Mengenali pola bilangan sederhana dan melanjutkan pola tersebut
  11. Memahami cara penyajian data sederhana (menggunakan turus dan diagram gambar)
  12. Menentukan kejadian yang lebih mungkin di antara beberapa kejadian

LEVEL PEMBELAJARAN 3 NUMERASI UNTUK KELAS 6

  1. Memahami bilangan bulat, khususnya bilangan bulat negatif
  2. Menyatakan bilangan desimal dengan dua angka di belakang koma dan persentase dalam bentuk pecahan, atau sebaliknya
  3. Mengetahui posisi bilangan desimal dengan dua angka di belakang koma pada garis bilangan serta posisi bilangan bulat termasuk bilangan bulat negatif
  4. Mengurutkan beberapa bilangan yang dinyatakan dalam bentuk berbeda
  5. Menghitung hasil pengoperasian pecahan atau bilangan desimal, termasuk menghitung kuadrat dan kubik dari suatu bilangan desimal dengan satu angka di belakang koma serta operasi bilangan bulat termasuk bilangan bulat negatif
  6. Menghitung luas bangun datar
  7. Mengenal limas, kerucut, dan bola
  8. Mengenal dan menggunakan satuan kecepatan dan debit
  9. Menyelesaikan persamaan linier 1 variabel
  10. Menentukan suku ke-n pada suatu pola bilangan sederhana
  11. Menggunakan rasio/ skala untuk menentukan nilai/ bilangan yang tidak diketahui
  12. Membaca data yang disajikan dalam bentuk tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran




Maulidiya Rahma Prastiti

Sahabat Rumah Belajar Jawa Timur 2020

0 komentar:

Posting Komentar